Still Life Photography
Tanpa kita
sadari, Fotografi Still life sering lihat
dalam kehidupan sehari. Biasanya Foto
still life banyak ditemukan
disekitar kehidupan kita di
majalah, koran, kalender,
brosur maupun billboard di pinggir-pinggir jalan. Foto jenis ini biasanya memperlihatkan makanan, minuman ataupun benda mati lainya yang di atur sedemikian rupa sehingga terlihat menarik dipandang mata.
Fotografi Still life identik dengan dunia komersial dan advertesing.
Perngertian Still Life Photography
Kata still berarti
diam atau mati, sedangkan life berarti hidup yang berarti memberi ”kehidupan” pada benda tersebut. Still life
photography bisa diartikan
memotret benda mati terlihat
lebih hidup dan punya arti tertentu.
Foto still life bukan berarti hanya
memindahkan objek kedalam sebuah foto, tetapi lebih mengandung arti didapatkan hasil foto yang lebih
artistik dan bermakna.
Fotografi Still life dalam konteks funsional berupa
pemotretan objek untuk tujuan
pembuatan katalog, brosur, company profile, flyer dan iklan. Dalam hal ini,
still life berfungsi sebagai iklan atau komunikasi visual dalam konteks komersial.
Semua foto yang dihasilkan
harus komunikatif; seberapa bagus desain barangnya, apa fungsi barangnya dan barang dalam foto tersebut diperuntukkan untuk
kalangan mana.
(Source: www.socanth.cam.ac.uk) |
3 unsur Dalam foto still life:
1. Pencahayaan
2. Komposisi
3. Properti
3 unsur ini dalam foto still life saling berkaiatan karena bisa memberikan suatu kesan
dan pesan yang mengidupkan foto still life. Penerapan teknik pencahayan dan
komposisi yang menarik menambah nilai aristik dalam foto still life. Properti
yang dipakai berfungsi menghidupkan
point-of-interests.
Dalam fotografi still life, konsep sangat penting. Dengan benda mati kita
harus mem-visualisasikan benda mati tersebut agar terlihat lebih hidup. Dengan konsep kita
merancang pemotretan dengan mempertimbangkan 3 unsur; pencahayaan, komposisi
dan properti agar bisa memasukkan
semua rasa yang kita ekspresikan
kepada benda. Konsep dalam foto berfungsi
untuk memberikan sebuah "pesan" yang fotografer ciptakan kepada benda
mati ini. Konsep mengandung unsur pesan yang di sampaikan kepada audiens (yang melihat foto still life tersebut).
Dan dalam menyampaikan pesan tersebut, kita harus bisa menyamakan persepsi
pembaca dengan persepsi kita. Hal ini dinamakan apresiasi dalam komunikasi
visual yang berbentuk sebuah foto.
Sebuah kondisi dimana foto still life yang berhasil dengan
memanfaatkan benda atau suasana. Kepekaan
fotografer dituntut untuk mengenali benda dari segi pencahayaan dan lain
sebagainya. Namun saat
memanfaatkan suasana, fotografer harus bisa mengenali suasana seperti apa yang
bisa dimanfaatkan untuk bisa mewakili ekspresi atau perasaan yang ingin kita
tuangkan dalam foto tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar